Senin, 29 Juli 2013

PROFIL GP ANSOR DRIYOREJO



PAC GP Ansor Driyorejo adalah salah satu Badan Otonom MWC NU Driyorejo,secara hirarkis organisasi, ia berada di bawah kepemimpinan PC GP Ansor Kabupaten Gresik. Alamat Kantor adalah Gedung MWC NU Driyorejo Jl. Petiken, Desa Petiken kec. Driyorejo Kode Pos 61177, telp. 031 – 72179472/ 70050037. PAC GP Ansor Driyorejo periode 2011 – 2014 yang dipimpin oleh Sahabat Sholihudin Al Ayubi, M.Pd sebagai Ketua dan Sahabat Moh. Jaelani, S.HI sebagai Sekretaris merupakan periode penerus dari periode – periode sebelumnya.

PAC GP Ansor Driyorejo membawahi sekitar 19 Ranting se – Kec. Driyorejo meliputi:

1.     Ranting Desa Tenaru                         11. Ranting Desa Tanjungan
2.     Ranting Desa Petiken                        12. Ranting Desa Mojosari Rejo
3.     Ranting Kota Baru Driyorejo (KBD)13. Ranting Perumahan GK
4.     Ranting Desa Mulung                        14. Ranting Desa Sumput
5.     Ranting Desa Bambe                         15. Ranting Perumahan Sumput Asri
6.     Ranting Desa Cangkir                        16. Ranting Desa Kesamben Wetan
7.     Ranting Desa Driyorejo                     17. Ranting Desa Gadung
8.     Ranting Desa Krikilan                        18. Ranting Desa Randegan Sari
9.     Ranting Desa Karang Andong            19. Ranting Desa Wedoro Anom
10.  Ranting Desa Banjaran
PAC GP Ansor Driyorejo dilantik bersama Pimpinan Ranting se – Kec. Driyorejo pada Minggu, 24 Juli 2011 bersama kegiatan Dialog Kebangsaan bersama Muspika, PW GP Ansor untuk memetakan permasalahan dan peluang – peluang yang dapat dimanfaatkan.
PAC GP Ansor Driyorejo saat ini sejatinya telah berusia matang dengan beberapa kali pergantian kepemimpinan. Tentu, tantangan dan hambatan dari setiap periode tersebut pasti dijumpai sesuai situasi sosial cultural saat itu. Di antara hambatan yang dihadapi PAC GP Ansor Driyorejo periode 2011 – 2014 yaitu tidak adanya financial, tidak memadainya sarana prasarana, rendahnya semangat berorganisasi pemuda – pemuda NU yang tadinya bikin pesimisme dapat dilalui. Bahkan dengan masalah – masalah itu, dapat memacu untuk berpikir dan berupaya terus dengan keras bagaimana cita – cita organisasi dapat diwujudkan seoptimal mungkin.
Dengan memanjatkan puji syukur kepada – Nya, pelan – pelan PAC GP Ansor Driyorejo periode sekarang kembali mendapat kepercayaan baik oleh warga Nahdliyin maupun masyarakat umum melalui berbagai terobosan program yang dilakukan dalam rentang  waktu 2 tahun meliputi bidang pendidikan kader,pengembangan usaha/koperasi, kepedulian lingkungan, majlis dzikir dan sholawat rijalul ansor, advokasi hukum bagi masyarakat lemah, serta koontrol sosial dan pemerintah. Maka pantas, jika saat ini PAC GP Ansor Driyorejo dipilih oleh PC GP Ansor Gresik untuk mewakili sebagai peserta lomba PAC Terbaik tingkat Jawa Timur pada konferwil 2013.
VISI :
" Menjadi Organisasi Kepemudaan Yang Unggul Dalam Pengkaderan, Pemberdayaan masyarakat dan Pengembangan Islam Ahlussunnah Wal Jama'ah"

MISI :
1.     Menyelenggarakan Pendidikan Kader baik formal maupun informal
2.     Melakukan Penguatan Kelembagaan GP Ansor Kec. Driyorejo
3.     Mengadakan program pemberdayaan masyarakat utamanya di bidang ekonomi
4.     Mengadakan program kajian dan dakwah Islam ala Ahlussunnah Wal Jama'ah
5.     Menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah, pelaku usaha, dan organisasi lain.
PROGRAM YANG TEREALISASI
1.     Koperasi  " Sahabat"
Koperasi "Sahabat" ini telah berbadan hukum dengan nomor 04/BH/XVI.6/437.56/I/2012 dan telah dilaunching bersama Dinas Koperasi Gresik dan KH. Sholahudin Wachid pada tanggal 5 Februari 2012 dengan menjalankan beberapa usaha produktif. Usaha – usaha produktif  yang dikelola oleh Koperasi Sahabat saat ini terdiri dari usaha warkop "Sahabat" di jalan Randegan Sari, Peternakan lele dombo di Desa Wedoro Anom, dan produksi Aksesoris di Desa Randegan Sari.
2.     Advokasi (Pendampingan) Masyarakat
Advokasi yang pernah dilakukan yaitu :
2.1.Advokasi masalah warga KBD mengenai pemberantasan miras, judi dan asusila yang mengganggu kehidupan masyarakat lantaran adanya pembiaran dari pihak penegak hukum polsek,sehingga kita melakukan aksi moral mosi tidak percaya kepada Kapolsek Driyorejo dan beraudensi dengan Kapolres Gresik
2.2.Advokasi kasus tanah warga miskin atas warga mampu yaitu Purnawirawan TNI di Desa Krikilan. Saat ini kasus ini masih dalam proses penyidikan Polres Gresik.
3.   Penyelamatan Lingkungan Hidup
Program penyelamatan lingkungan hidup yang pernah dilakukan adalah :
3.1.Gerakan Adopsi pohon pada ahad, 31 Maret 2013 bersama Camat Driyorejo, LSM Ecoton, Pers dan Tokoh Masyarakat
3.2.Peringatan Hari Lingkungan Hidup se – dunia denga rangkaian kegiatan berupa lomba besar – besaran pohon, menggambar, foto jurnalistik dan Dialog lingkungan pada tanggal 19 Juni 2013 bersama Wakil Bupati Gresik, BLH Gresik, LSM Ecoton dan Pemerhati Lingkungan.
4.   Pendidikan Kader
Pendidikan dan latihan yang pernah dilakukan adalah Diklatsar Banser se – ekskawedanan Driyorejo yang diikuti oleh 376 anggota Banser dari PAC Wringin Anom, Menganti, Kedamean dan Driyorejo. Kegiatan ini diselenggarakan pada 22 – 23 Nopember 2012 di Masjid Al – Muttaqin Desa Driyorejo
 5.   Majlis Dzikir dan Sholawat dari Ranting ke Ranting
Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan dan membumikan tradisi – tradisi amaliyyah NU beruppa Dzikir, Sholawat, Tahlil dan lain – lain. Mengingat di beberapa tempat ada kelompok Islam lain yang melarang bahkan mengharamkan tradisi mulia tersebut. Alhamdulillah kegiatan tersebut  telah berlangsung lima kali pada setiap hari Ahad awal bulan.

KETUA                                                              SEKRETARIS
  Ttd                                                                           Ttd
SHOLIHUDIN AL - AYUBI, M.Pd                     MOH. JAELANI, S.HI