Selasa, 26 November 2013

Kader PKB Berebut Ketua Ansor

DUTAonline, SURABAYA – Sejumlah kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) nampaknya berhasrat merebut kursi Ketua GP Ansor Jatim, dalam Konferensi Wilayah (Konferwil), yang akan digelar di Ponpes Sunan Drajat Lamongan, pada 20 Desember mendatang. Setidaknya, sudah ada tiga kader PKB yang mulai muncul dipermukaan jelang konferwil GP Ansor Jatim tersebut.

Mereka adalah, Rudy Tri Wahid dari Caleg DPRD Jatim Dapil VII, Tamim Ketua Komisi D DPRD Kab Blitar dari FKB, dan Badrut Tamam Sekretaris FKB DPRD Jatim. “Insya Allah, siapapun yang terpilih nanti. PKB yang akan diuntungkan sebab mereka adalah kader PKB,” ujar sekretaris DPW PKB Jatim, Thoriqul Haq saat dikonfirmasi, Seninm (25/11) kemarin.


Thoriq sangat yakin dari tiga kader PKB yang muncul, memiliki peluang terpilih sebagai Ketua GP Ansor Jatim yang ditinggalkan Alfan Isnaini. “Kalau hanya untuk memenuhi persyaratan maju, saya optimis mereka bisa memenuhi persyaratan,” jelas pria yang juga menjabat sebagai ketua Komisi C DPRD Jatim ini.

Selain ketiga kader PKB, kandidat lain yang berpeluang dalam Konferwil GP Ansor Jatim mendatang adalah, Solahul Am Notobuono (Gus Aam) Ketua PC GP Ansor Jombang yang juga cucu pendiri GP Ansor, KH Wahab Chasbullah, dan Hendro Tri Subiantoro wakil ketua PW GP Ansor Jatim yang juga Caleg DPRD Jatim Dapil IV dari Partai Gerindra.

Sementara itu, ketua panitia Konferwil GP Ansor Jatim, Abdus Salam menyatakan, sebelum dilaksanakan Konferwil, panitia akan melaksanakan verifikasi untuk menentukan peserta yang berhak memberikan suara di Konferwil GP Ansor Jatim. “Tim verifikasi PAC diketuai oleh Gus Imron selaku sekretaris PW GP Ansor Jatim. Sedang tim verifikasi Pengurus Cabang (PC) diketuai Rahmat Hidayat Pulungan dari PP GP Ansor,” ujar Salam.

Verifikasinya meliputi, SK masih berlaku, melakukan kaderisasi berupa Pelatihan Kader Dasar (PKD) dan Diklatsar Banser dalam waktu setahun, dan memiliki lembaga amal usaha baik berupa koperasi atau Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP). “PC yang belum bisa memenuhi syarat, maksimal ditunggu hingga tanggal 13 Desember,” tambah Salam.

Tim verifikasi akan mengumumkan hasilnya pada tanggal 15 Desember mendatang. Setelah itu, tepatnya tanggal 16 Desember, panitia akan membuka pendaftaran calon ketua PW GP Ansor Jatim. “Syarat calon ketua adalah didukung minimal 4 PC dan 20 PAC, memiliki sertifikat Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN), dan maksimal berumur 40 tahun saat proses pemilihan,” cetusnya.

Menurut sumber terpercaya, peluang kader PKB merebut ketua PW GP Ansor Jatim periode ke depan kian terbuka, karena mantan ketua umum PP GP Ansor yang kini menjabat sebagai Wagub Jatim, Saifullah Yusuf merestui, dan mendukung penuh kader PKB memegang ketua PW GP Ansor Jatim periode mendatang.
“Sejumlah ketua PC GP Ansor mengaku mendapat perintah Gus Ipul untuk menkondisikan dukungan kepada Rudy Tri Wahid,” ujar sumber yang mewanti-wanti namanya tak di korankan.

Menanggapi tudingan miring seperti itu, Gus Ipul panggilan akrab Saifullah Yusuf dengan santai mengatakan, sebagai mantan ketua umum adalah wajar jika ikut mengurusi GP Ansor, asal tidak memaksakan kehendak karena itu tidak diperbolehkan. “Tapi saya tak mau intervensi, justru arek-arek tanya kapan diintervensi,” kelakarnya.

Begitu juga menyangkut kandidat, menurut Gus Ipul, GP Ansor adalah medan pengabdian. Sehingga tak ada sekat, apakah dia keturunan kiai atau orang biasa. “Semua saya restui, siapa yang paling banyak kontribusinya tentu akan dapat tempat dan didukung oleh peserta,” dalih Ketua PBNU ini. (ud)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar